Dalam rangka memperkenalkan budaya sekitar terutama budaya Papua kepada anak-anak, TK Kristen Kalam Kudus Jayapura menggelar kegiatan Outing Pangkur Sagu.

Mulai dari siswa/i kelas Nursery hingga kelas K2 belajar dan langsung terlibat dalam proses pangkur sagu, yang mana hasilnya berupa sagu yang merupakan panganan khas wilayah Indonesia Timur khususnya Papua.

Berlangsung di wilayah Sentani pada tanggal 14 Mei 2022, para siswa/i ditemani keluarga mereka antusias melakukan kegiatan ini. Pada proses pembuatan sagu ini, anak-anak diajari cara tradisional masyarakat sekitar. Batang sagu yang telah dipotong dan dikuliti lalu di pukul menggunakan kayu untuk menghasilkan serbuk sagu.

Serbuk sagu lalu di saring untuk mendapatkan bagian halusnya. Bagian ini diremas-remas dalam air untuk memisahkan air dan pati sagu. Pati sagu akan melalui proses perendaman beberapa jam yang menghasilkan sagu basah. Pada proses ini sagu sudah bisa dikomsumsi. Walau begitu sagu dapat dikeringkan untuk membuat tepung sagu.

Diakhir kegiatan siswa/i menikmati hasil produksi sagu warga sekitar yaitu papeda panas, yang disantap dengan kuah kuning lauk ikan dan sayur kangkung atau papeda dingin.

Melalui kegiatan ini, anak-anak diharapkan dapat mengenal proses pembuatan sagu dan mengharga budaya tradisional papua dalam rangka membentuk pelajar pancasila yang dicanangkan pemerintah.