Pandemi COVID-19 belum berakhir, hal ini tentu saja berdampak pada semua sektor salah satunya adalah sektor pendidikan. Untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, mulai dari sekolah hingga perguruan tinggi di Indonesia memutuskan kebijakan untuk melaksanakan belajar mengajar jarak jauh melalui daring. Tentunya hal ini cukup baru dan memiliki beberapa tantangan tersendiri bagi pengajar dan siswa. Berikut adalah tips belajar daring saat pandemi untuk siswa:

Mengelola waktu dengan baik

Belajar secara daring memberikan beberapa tantangan, salah satunya adalah mungkin karena tidak diawasi secara langsung seringkali siswa lupa akan tugasnya. Atur waktu belajar dengan baik dan jangan sampai mengulur-ulur waktu untuk mengerjakan tugas. Biasakan untuk fokus ketika guru menjelaskan materi melalui Zoom atau media lainnya. Dan sebisa mungkin mengerjakan tugas di awal waktu sehingg atidak sampai kelewat deadline.

Mencari tempat yang nyaman

Suasana Belajar Daring TKKKJ

Tips belajar daring saat pandemi untuk siswa yang kedua adalah bisa dengan mencari tempat yang nyaman. Karena bagaimanapun, tempat yang nyaman akan membangun mood untuk lebih fokus belajar. Siswa bisa mencari tempat di sudut rumah yang nyaman untuk belajar, kemudian mungkin menyediakan area khusus belajar dan mendekor area meja belajar sebaik dan sekreatif mungkin untuk memotivasi waktu belajar.

Menyiapkan perangkat yang dibutuhkan

Belajar melalui daring, artinya siswa dan pengajar diminta untuk menyiapkan perangkat yang mendukung sarana belajar dan mengajar. Oleh karena itu siapkan perangkat yang dibutuhkan untuk menunjang belajar selama daring seperti laptop, smartphone, komputer, kuota internet, dan juga saklar listrik untuk mengisi perangkat yang digunakan sehingga tidak habis dayanya ditengah-tengah pelajaran. Pastikan bahwa semua perangkat yang dibutuhkan sudah disiapkan dengan baik ya!

Tetap menjaga komunikasi dengan pengajar dan teman teman

Meskipun belajar dengan jarak jauh dari pengajar, maka siswa diminta untuk tetap menjaga komunikasi dengan baik dengan pengajar dan teman-teman. Dengan tidak menunda tugas yang diberikan dan memberikan kabar kepada pengajar serta teman-teman. Mungkin sesekali bisa belajar kelompok bersama teman-teman, sehingga tidak bosan dengan metode belajar yang monoton. Namun tetap jaga protokol kesehatan dengan baik ya!

Menjaga kesehatan di rumah

Tips terakhir untuk belajar daring selama di rumah tentu saja tetap dengan menjaga kesehatan selama di rumah ya. Bukan berarti karena pembelajaran dilakukan secara daring, bisa pergi kemana saja sesuka kita. Tetap jaga kesehatan, makan-makanan bergizi, dan tidur yang cukup sehingga keesokan harinya memiliki tubuh yang fit untuk belajar!