Belajar merupakan salah satu kewajiban bagi para pelajar. Tentunya siswa harus mengetahui bagaimana tips belajar yang efektif dan juga efisien sehingga pelajaran itu dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya. Bagaimana sih cara belajar yang efektif dan juga efisien? Berikut ini merupakan tips mudah belajar yang efektif dan efisien. Simak lengkapnya di bawah ini!

Membuat suasana belajar yang nyaman

Pertama, cara yang mudah supaya belajar para siswa bisa efektif dan juga efisien adalah dengan membuat suasana belajar yang nyaman. Karena apabila siswa nyaman dengan kondisi atau suasana belajar mereka, itu bisa membuat pikiran jadi lebih tenang dan materi yang dipelajari masuk ke otak dengan mudah. Siswa bisa memilih mana tempat belajar yang membuat mereka nyaman, karena pada dasarnya tipe belajar dan suasana nyaman belajar tiap siswa berbeda-beda.

Ada yang nyaman belajar sambil mendengarkan musik. Ada juga yang bisa belajar dengan nyaman dengan keheningan. Atau mungkin siswa bisa memilih tempat belajar yang nyaman seperti ruangan yang ber AC, atau belajar di taman.

Merangkum materi pembelajaran

Tips mudah belajar yang efektif dan efisien yang kedua adalah merangkum materi pembelajaran. Karena biasanya jika hanya membaca saja maka butuh waktu lama untuk paham dan menyelesaikannya. Oleh karena itu sebaiknya merangkum materi pembelajaran, karena sembari merangkum akan lebih mudah untuk mengingat dan memahami materi atau inti dari pembelajaran.

Siswa bisa membuat rangkuman atau catatan pembelajaran dan dihias semenarik mungkin. Misalnya menggunakan pulpen atau penanda warna-warni. Bisa juga menulis menggunakan bahasa yang dipahami sendiri.

Belajar setiap hari

Cara ketiga yang harus diterapkan siswa untuk mendapatkan belajar yang efektif dan efisien adalah dengan belajar setiap hari. Biasanya banyak siswa yang hanya belajar di saat-saat terpenting saja misal menjelang ujian. Hal seperti itu menjadikan banyak siswa menggunakan SKS atau Sistem Kebut Semalam. Hal seperti ini membuat cara belajar tidak efektif dan efisien, serta siswa tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal ketika ujian nanti.

Usahakan untuk belajar setiap hari, tidak perlu waktu yang lama asal selalu konsisten. Mungkin bisa mengulang pelajaran hari itu atau mengerjakan tugas dan melatih diri dengan mengerjakan banyak soal untuk lebih meningatkan pemahaman.