Apakah sering merasakan jenuh ketika belajar? Seringkali ketika belajar sendirian, siswa merasas jenuh dan juga bosan. Terutama menggunakan metode belajar yang cenderung monoton. Terlebih lagi di masa pandemi seperti ini siswa diharuskan belajar di rumah dan tentu saja itu bisa menimbulkan rasa bosan yang berlebihan. Ketika mulai merasa bosan dan jenuh dengan cara belajar, mungkin beberapa cara ini bisa membantu mengatasinya. Ini dia 4 cara ampuh atasi kejenuhan belajar untuk siswa.

Belajar kelompok

Salah satu penyebab mengapa siswa bisa merasa bosan ketika belajar adalah karena sendirian saat sedang belajar. Supaya membuat diri jadi lebih semangat ketika belajar dan tidak mudah bosan, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat kelompok belajar dengan teman-teman. Belajar secara berkelompok bersama teman-teman ini juga merupakan salah satu metode belajar yang cukup efektif. Karena bisa sekalian untuk sharing materi, dan jika ada materi yang tidak dipahami maka bisa dibahas bersama-sama.

Menggunakan perangkat dan media pembelajaran yang disukai

Next, cara selanjutnya untuk megnatasi kebosanan siswa atas metode belajar yang begitu saja mungkin bisa dengan memilih perangkat dan juga media pembelajaran yang disukai. Sekarang ini teknologi sudah semakin canggih sehingga banyak media yang bisa dimanfaatkan sebagai media belajar. Sebagai contoh bisa menggunakan Zoom atau Google Meet untuk berinteraksi dengan teman-teman kelompok untuk belajar secara virtual.

Memilih tempat belajar yang nyaman

Cara ampuh atasi kejenuhan belajar untuk siswa yang selanjutnya bisa dilakukan dengan memilih tempat belajar yang nyaman. Lebih baik hindari tempat belajar yang berisik dan banyak orang yang lalu lalang karena itu bisa membuat siswa jadi tidak fokus belajar. Siswa bisa memilih tempat belajar yang membuat nyaman, bahkan jika perlu bisa memberikan dekorasi khusus untuk membuat ruangan belajar semakin nyaman dan menyenangkan.

Meluangkan waktu untuk hobi

Meski belajar merupakan hal penting dan merupakan kewajiba untuk seorang siswa, namun siswa juga harus tetap meluangkan waktu untuk melakukan hobinya. Menghabiskan waktu terlalu lama untuk belajar mungkin membuat siswa menjadi cepat bosan dan jenuh. Ketika jenuh melanda, mungkin siswa bisa mengambil waktu untuk berisitirahat dan meluangkan waktunya untuk hobi. Melakukan hal positif seperti ini dapat membantu untuk mengembalikan semangat.