Ujian Akhir Semester (UAS) seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi para siswa. Menjelang ujian, tentu saja kita harus mempersiapkan materi yang telah disampaikan oleh guru. Dengan begitu nantinya bisa mendapatkan nilai ujian yang memuaskan. Berikut adalah tips supaya siap hadapi ujian akhir semester!

Buatlah jadwal belajar

Hal pertama yang harus disiapkan untuk mempersiapkan ujian akhir semester adalah membuat jadwal belajar. Kamu bisa membuat jadwal harian untuk mempersiapkan UAS. Tuliskan jenis mata pelajaran kapan ujian itu akan dilaksanakan dan atur tiap materi yang kira-kira akan diujikan saat UAS nanti. Sesuaikan porsi materi dengan waktu belajar yang dimilki. Jika materi mata pelajaran sebagai bahan UAS terlalu banyak, maka mungkin dapat meluangkan waktu lebih banyak lagi untuk mempelajarinya.

Menghindari sistem belajar SKS

Tips supaya siap hadapi ujian akhir semester yang kedua adalah hindarilah untuk sistem belajar SKS atau sistem kebut semalam. Tidak sedikit siswa yang menunda pelajaran hingga mepet waktu ujian. Sistem belajar SKS ini tidak efektif, karena membuat siswa harus begadang dan akibatnya di hari ujian tiba malah tidak bisa fokus mengerjakan soal karena kurang tidur di malam harinya sehingga mengantuk dan tidak dapat mengingat materinya dengan baik. Jadi sebaiknya lakukan tips nomor 1 dan lebih baik belajar dari jauh-jauh hari ya!

Mempelajari kisi-kisi

Banyak guru yang memberikan kisi-kisi soal atau materi sebelum UAS dilaksanakan. Kisi-kisi ini akan mencakup materi yang diujikan serta bagaimana tipe soal nantinya. Apabila guru membagikan kisi-kisi maka ada baiknya menggunakannya sebagai patokan untuk membantu belajar. Misalnya apabila soal UAS nanti essay maka disarankan tidak hanya sekedar menghafal jawaban saja, melainkan juga memahami konsepnya. Dengan begitu nantinya dapat menjawab soal ujian dengan baik dan mendapatkan nilai yang memuaskan.

Menjaga kesehatan tubuh

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah dengan tetap menjaga kesehatan tubuh selama UAS. Selain mempersiapkan materi UAS dengan baik, tentu saja kita juga harus menjaga kesehatan tubuh. Karena apabila tubuh tidak fit dan sedang tidak sehat, maka tentu akan membuat kita menjadi tidak fokus saat mengerjakan ujian. Jaga pola makan, makan-makanan yang sehat, banyak minum air putih, dan jangan begadang!