Seperti yang kita tahu bahwa Hari Pendidikan Nasional kita peringati tiap tanggal 2 Mei tiap tahunnya. Mengingat pendidikan merupakan salah satu aspek yang paling penting untuk sebuah negara. Berkembangnya sistem pendidikan di Indonesia ini juga tidak luput dari peran berbagai tokoh dalam dunia pendidikan. Jika dulunya ada Ki Hadjar Dewantara dan juga rekan-rekan pahlawan lainnya. Kenali juga 4 tokoh penting pendidikan di Indonesia masa kini. Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Tokoh Penting Pendidikan di Indonesia – Seto Mulyadi

Tokoh penting pertama yang cukup berperan di dunia pendidikan Indonesia adalah Seto Mulyadi atau yang akrab kita kenal sebagai Kak Seto. Kak Seto memulai kariernya sebagai seorang guru sejak 4 April 1970 dan menjadi guru pendidikan anak usia dini atau PAUD dan mendampingi pak Kasur di PAUD Kebun Kanak-Kanak Situ Lembang yang ada di Jakarta Pusat. Sekitar tahun 2007, Kak Seto kemudian mendirikan sekolah alternati yang diberi nama Homeschooling Kak Seto atau HSKS yang menjadi salah satu solusi pendidikan bagi anak-anak yang ada di Indonesia.

Kiprah Kak Seto dalam dunia pendidikan dan perlindungan hak anak, membuat Kak Seto semakin dikenal di kancah nasional dan internasional melalui berbagai penghargaan yang diterima Kak Seto seperti dari Sekjen PBB Javier Perez yaitu penghagraan Peace Messenger Award di New York dan Orang Muda Berkarya Tingkat Dunia di Amsterdam pada tahun 1987. Wah keren yah Kak Seto!

Tokoh Penting Pendidikan di Indonesia – Saur Marlina Manurung

Tokoh pendidikan selanjutnya adalah Saur Marlina Manurung, yang merupakan seorang aktivis sosial dan antropolog Indonesia. Saur Marlina Manurung merupakan seorang perintis dan pelaku pendidikan alterntif bagi masyarakat adat yang tersebar di Indonesia. Terkenal sebagai salah satu pencetus pendidikan bagi komunitas adat, khususnya bagi suku anak dalam atua orang rimba di Taman Nasional Bukit Duables (TNBD) Jambi.

Saur Marlina Manurung memberdayakan dan mengajarkan anak-anak di daerah terpencil yang ada di Indonesia. Mulai dari menulis, membaca, hingga menghitung sehingga anak-anak mampu untuk beradaptasi di kehidupan masa mendatang.

Najeela Shihab

4 tokoh pendidikan di Indonesia masa kini yang selanjutnya adalah Najeela Shihab. Merupakan kakak perempuan dari Najwa Shihab dan putri sulung dari ulama ternama Indonesia Quraisy Shihab. Melalui berbagai karya dan juga pengalamannya, Najeela turut berdedikasi di bidang pendidikan. Tak hanya melalui pengajaran saja, Najeela Shihab juga membentuk program Sinedu.id dan juga Rencanamu.

Andri Rizki Putra

Pria yang kerap disapa dengan Rizki ini menciptakan pola belajar sendiri yang ia beri nama dengan unschooling. Unschooling ini merupakan jalur pendidikan tanpa lembaga, sedangkan sumber belajar dicari di berbagai sumber seperti dari buku dan internet. Saat ini Rizki menjadi aktivis di lembaga swadaua masyarakat di bidang pendidikan sekaligus menjadi pendiri Yayasan Pemimpin Anak Bangsa (YPAB) yang memberikan program sekolah gratis bagi anak-anak yang kurang mampu.

Semoga semangat dalam meningkatkan pendidikan dari tokoh-tokoh di atas bisa menginspirasi kita semua ya!