Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam negara. Dengan adanya pendidikan, negara bisa melakukan pembangunan dan membuat negara tersebut menjadi negara yang maju. Oleh karena itu pendidikan, merupakan salah satu hal penting yang harus diikuti oleh setiap warga negara. Indonesia sendiri memiliki beberapa tokoh pahlawan yang sangat berjasa dalam sejarah pendidikan di Indonesia. Siapa saja? Wajib tahu, ini dia 4 tokoh penting dunia pendidikan di Indonesia!

  1. Ki Hadjar Dewantara

Tokoh penting pertama di dunia pendidikan di Indonesia yang pasti tak asing di telinga adalah Ki Hadjar Dewantara. Dikenal sebagai Bapak Pendidikan Indonesia, pahlawan yang bernama lengkap Raden Mas Soewardi Soejaningrat ini berperan banyak dalam sejarah dunia pendidikan di Indonesia. Pada 3 Juli 1992, Beliau mendirikan Perguruan Nasional Taman Siswa atau yang dikenal juga sebagai National Onderwijs Institur Taman Siswa. Beliau mengembangkan pendidikan di Taman Siswa dengan tujuan untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia, serta menanamkan kebangsaan dan cinta tanah air.

  1. R.A Kartini

Tokoh pendidikan yang cukup beperngaruh di Indonesia yang selanjutnya adalah Raden Ajeng Kartini, lahir pada tanggal 21 April 1879. R. A Kartini merupakan salah satu pejuang nasional Indonesia yang dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Surat-surat dari R.A Kartini dibukukan bertajuk “Habis Gelap Terbitlah Terang” ini berisikan mengenai cita-cita dan pemikiran yang memperjuangkan hak perempuan di Indonesia, termasuk hak untuk mengenyam pendidikan.

  1. K.H Ahmad Dahlan

4 tokoh penting dunia pendidikan di Indonesia yang ketiga ada K.H Ahmad Dahlan. Kyai Haji Ahmad Dahlan ini juga berperan penting dalam sejarah pendidikan di Indonesia, Beliau mengubah sistem pendidikan di pesantren. Selain itu K.H Ahmad Dahlan juga berperan penting dalam memajukan pendidikan di Indonesia pada masa penjajahan yaitu dengan mengajarkan pelajaran umum dan bahasa Belanda. Kyai Haji Ahmad Dalan terus berupaya membangun dan mengembangkan sekolah-sekolah di Indonesia.

  1. Dewi Sartika

Dewi Sartika adalah salah satu pahlawan wanita Indonesia. Lahir pada tanggal 4 Desember 1884 di Cicalengka Jawa Barat. Tak hanya R.A Kartini saja, Dewi Sartika merupakan salah satu pahlawan yang juga berjasa memperjuangkan hak perempuan terutama dalam bidang pendidikan. Komitmen Dewi Sartika kepada pendidikan Indonesia dibuktikan dengan beliau yang mendirikan Sekolah Istri pada tahun 1904. Sekolah Istri ini diperuntukkan bagi wanita yang ingin mengenyam pendidikan. Sekolah istri ini mengajarkan berbagai hal khusus kaum wanita seperti menyulam, menjahit, memasak, mengasuh bayi, dan juga pelajaran agama.

Itulah 4 tokoh penting dunia pendidikan di Indonesia, semoga kita bisa selalu meniru semangat beliau-beliau dalam memajukan pendidikan di Indonesia ya! Terus semangat belajar dan memajukan Indonesia!