Pernahkah mengunjungi Museum Pendidikan Nasional? Banyak sekali hal yang bisa kita pelajari selama di museum ini. Di Museum Pendidikan Nasional ini kita bisa melihat banyak benda-benda yang mendukung pendidikan mulai dari jaman dahulu bahkan hingga di masa depan. Ingin pergi ke sana? Sebelumnya ketahui dulu 4 fakta Museum Pendidikan Nasional ini!

  1. Menyajikan pendidikan di zaman prasejarah

Banyak sekali hal yang bisa menjadi edukasi bagi anak-anak di Museum Pendidikan Nasional ini. Ketika memasuki ruangan pertama, kita akan disambut oleh suasana pembelajaran di zaman prasejarah atau pada masa pra aksara. Terdapat patung-patung yang menampilkan suasana kehidupan manusia purba yang sedang berburu. Di masa zaman prasejarah ini pendidikan diberikan melalui orang tua dengan cara memberikan pengetahuan dan keterampilan secara praktis kepada anak-anak mereka. Seperti misalnya seorang ayah yang mengajarkan berburu kepada anaknya, dan ibu yang memberikan keterampilan meramu, mengolah, dan mengawetkan hasil buruan kepada anaknya.  

  1. Menyajikan pendidikan di masa kolonial

4 fakta Museum Pendidikan Nasional yang kedua kemudian menyajikan pendidikan di masa kolonial Belanda. Untuk karakter pendidikan di masa kolonial Belanda terbagi menjadi beberapa karakter seperti sekolah dibedakan sesuai dengan tingkatan sosial yaitu anak pribumi, anak Belanda, anak Tionghoa dan berdasarkan bahasa pengantarnya. Kemudian untuk sistem ujian dan kurikulumnya disamakan dengan sekolah negeri Belanda. Di lantai 2 ini dipamerkan bagaimana model bangunan sekolah saat itu, peta konsep pendidikan, kurikulum atau materi pelajara, dan berapa biaya sekolah yang ada di zaman kolonial. Kita bisa mengetahui secara lengkap pendidikan di masa penjajahan.

  1. Menyajikan alat-alat pembelajaran zaman dahulu

Tak hanya menyajikan suasana pengajaran atau pendidikan zaman dahulu, di museum ini kita juga bisa mengetahui alat-alat pembelajaran zaman dahulu. Seperti menyajikan alat-alat tulis yang terbuat dari bambu atau bulu-bulu unggas. Juga disajikan buku-buku dari zaman kolonial Belanda yang masih sangat baik kualitasnya.

  1. Menyajikan alat pembelajaran yang interaktif

Kemudian di ruang bagian atas juga menampilkan banyak alat-alat pembelajaran interaktif. Hal ini terlihat secara kontras dengan alat pembelajaran yang sebelumnya kita lihat. Di ruangan ini ditampilkan banyak alat yang canggih yang dapat digunakan untuk menunjang pendidikan seperti iPad, handphone dan yang lainnya. Lengkap dengan soal-soal dan jawaban sehingga anak-anak mudah dalam pembelajaran. Ada juga lantai yang memajang berbagai macam karya lukisan dari anak-anak.

Itulah beberapa informasi mengenai 4 fakta Museum Pendidikan Nasional. Semoga artikel yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi semuanya!